Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 31 Januari 2013

belajar semaphore


semaphore adalah suatu cara untuk mengirim atau 
menerima berita dengan menngunakan bendera, dayung , batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan .... . Umumnya sih yang digunakan bendera , yang dinamakan bendera semaphore. Bentuk bendera yang digunakan tersebut berukran 45 cm  x 45 cm  (persegi yang merupakan gabungan dari 2 buah segitiga sama kaki yang berbeda warna :D) .  



LIHAT DI BAWAH INI



cara cepat menghafal semaphore
CARA MUDAH BELAJAR SEMAPHORE :
Untuk memudahkan belajar semaphore, kita harus belajar berseri, sedikitdemi sedikit di tambah hapalan dan dipraktekkan. Untuk itu semaphoredikelompokkan dalam 7 (tujuh) lingkaran semaphore. Kita mulai belajardengan mengenal huruf semaphore pada lingkaran I. Kemudian kitabelajar mengirim/ menerima isyarat huruf secara urut, huruf acak,kemudian menerima dan mengirim kata yang menggunakan huruf padalingkaran I. Setelah hapal baru dilanjutkan ke Lingkaran II, demikianseterusnya.Contoh :Lingkaran I = A, B, C, D, E, F, G.Kata = ADA – ABA – ADE – GAGAB – BABE – BECA – FACELingkaran II = H, I, K, L, MKata = MINI – KAKI – IKLIM – MILIK – KIKIL – MILKGabungan Lingkaran I & II = AMIN – KADAL – ALIM – DALAM – DENGAN
MEMILIH TEMPAT SIKAP SAAT MENGIRIM BERITA DENGANSEMAPHORE :
1.
 
Pilihlah tempat dengan latar belakang yang kontras dengan warnabendera yang digunakan.2.
 
Hindarkan arah sinar matahari yang menyilaukan penerima/pengirim.3.
 
Sikap badan adalah : berdiri tegak, kaki dibuka (kangkang), padasaat tidak mengirim isyarat bendera disilangkan didepan kaki.4.
 
Cara memegang tongkat bendera adalah : tongkat dipegangdengan tangan, jari telunjuk lurus tongkat (tidak ikutmenggenggam tongkat). Ini untuk menjaga agar posisi tongkatsegaris lurus dengan tangan kita.5.
 
Selama mengirim isyarat tangan dan lengan dijaga tetap lurusdengan tongkat bendera. Gerakan bertumpu pada sendi peluru dibahu.
 
 
SELAMAT MEMBACA ^^








Ditulis Oleh : Unknown // 02.36
Kategori:

2 komentar:

  1. Sejak ikut pramuka dulu, sandi yang paling kusukai sekaligus paling sulit kupelajari ya semaphore. Coba ada lagu yang lirik lagunya membantu mempermudah belajar semaphore. Pasti seneng sekali aku.

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About